Panglima TNI: Black Box Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 Sudah Ditemukan

- 10 Januari 2021, 18:52 WIB
TNI Angkatan Laun turunkan Denjaka unutk bantu proses pencarian dan evakuasi pesawat Sriwijaya Air
TNI Angkatan Laun turunkan Denjaka unutk bantu proses pencarian dan evakuasi pesawat Sriwijaya Air /@korps_marinir_tni_al/Instagram
LAMONGAN TODAY – Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, mengatakan titik titik jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 sudah ditemukan, sementara seluruh prajurit, terlebih TNI AL, telah berada di lokasi guna membantu Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) mengevakuasi puing-puing pesawat.

“Bagian-bagian yang kecil masih bisa diambil. Untuk bagian yang besar akan didatangkan kapal dengan fungsi derek untuk mengangkat,” kata Hadi, sebagaimana dikutip Lamongan Today dari Antara, Minggu 10 Januari 2021.

Hadi mengharapkan, dengan bantuan dan doa seluruh masyarakat Indonesia, pecahan-pecahan pesawat yang ada di kedalaman 23 meter di bawah permukaan air laut dapat segera dievakuasi.

Baca Juga: Hanya Lengkapi Dokumen Ini, Untuk Dapatkan BLT UMKM Rp2,4 Juta dari Kemenkop UKM

Hadi menjelaskan tim pencari sedang berusaha menemukan kotak hitam pesawat. Lokasi kotak hitam diprediksi kuat sudah ditemukan dari sinyal yang dipancarkan alat tersebut. Sinyal tersebut terus dipantau dan ditandai.

“Mudah-mudahan tidak lama lagi kotak hitam sudah bisa diangkat sehingga bisa menjadi bahan bagi KNKT untuk mengetahui penyebab kecelakaan tersebut,” tutur Hadi.

Baca Juga: Perhatikan Hal-hal Berikut Sebelum Mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 12 yang Akan Dibuka 2021

Pesawat Sriwijaya Air nomor registrasi PK-CLC SJ 182 rute Jakarta-Pontianak hilang kontak pada Sabtu 9 Januari 2021, pukul 14.40 WIB dan jatuh pada perairan  Kepulauan Seribu, di antara Pulau Lancang dan Pulau Laki.

Pesawat type Boeing 737-500 tersebut hilang kontak pada lokasi 11 mil laut di Utara Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang usai melewati ketinggian 11.000 kaki dan ketika meningkatkan ketinggian pada 13.000 kaki.

Baca Juga: INNALILAHI WAINALAIHI ROJIUN : Erick Thohir Berduka atas Jatuhnya Peswat Sriwijaya Air SJ-182

Pesawat tinggal landas dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, pukul 14.36 WIB. Jadwal tersebut terlambat dari jadwal penerbangan sebelumnya 13.35 WIB. Keberangkatan ditunda sebab faktor cuaca.

Halaman:

Editor: Nita Zuhara Putri

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X