Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Diklaim Tetap Kuat di Tengah Bayang-Bayang Resesi Dunia, Berkat PSN?

- 13 Februari 2023, 10:10 WIB
Ilustrasi ekonomi global.
Ilustrasi ekonomi global. /Pexels/Ivan Babydov/

LAMONGAN TODAY - Pertumbuhan ekonomi 2023 diperkirakan tetap kuat pada kisaran 4,5--5,3 persen, didorong oleh peningkatan permintaan domestik, baik konsumsi rumah tangga maupun investasi.

Tren perkembangan perekonomian nasional masih berada di jalur yang benar (on the track). Tren ini bisa terlihat dari laporan kinerja neraca perdagangan sepanjang 2022.

lamongantoday.pikiran-rakyat.com

Bahkan, proporsi pertumbuhan ekonomi tidak lagi hanya di Jawa sentris. Melainkan, sudah melebar ke luar Pulau Jawa. Laporan BPS menyebutkan, pertumbuhan ekonomi di luar Jawa terus meningkat.

Baca Juga: Kapan Jadwal Ganti Rugi Warga Di 14 Desa Tulungagung Dampak Pembangunan Tol Kediri-Tulungagung?

Indikator itu tecermin dari kontribusi pertumbuhan ekonomi luar Jawa terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional 2022 yang mencapai prosentase 43,52 persen, atau lebih tinggi dibandingkan 2021 yang berada di 42,11 persen terhadap PDB.

Pertumbuhan ekonomi luar Jawa pada 2022 itu pun melesat dibandingkan pada masa prapandemi di 2019, yakni 41 persen terhadap PDB.

Berkaitan dengan perkembangan neraca perdagangan dan pertumbuhan ekonomi, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono kontan mengucap syukur.

Baca Juga: 269,3 Hektar Lahan Diterabas Jalan Tol Kepanjen-Tulungagung, 24 Desa Dapat Ganti Rugi Kapan?

Halaman:

Editor: Nugroho


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x