Cara Cek Bansos Online! Hanya Pakai KTP Untuk Mengetahui Apakah Anda Dapat PKH, BPNT dan PBI JK

- 3 Mei 2023, 18:36 WIB
Simak informasi tentang pencairan bansos PKH Mei 2023 di kantor pos, termasuk nominal dan cara cek penerima di cekbansos.kemensos.go.id.
Simak informasi tentang pencairan bansos PKH Mei 2023 di kantor pos, termasuk nominal dan cara cek penerima di cekbansos.kemensos.go.id. /ANTARA/Prasetia Fauzani//


LAMONGAN TODAY - Apakah Anda ingin mengetahui apakah Anda berhak mendapatkan bantuan sosial (bansos) dari pemerintah tahun 2023?

Jika ya, Anda bisa mengeceknya secara online dengan menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Anda. Berikut adalah cara cek dapat bansos pakai KTP 2023 yang mudah dan praktis.

Bansos yang bisa dicek dengan KTP adalah Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan non-Tunai (BPNT), dan Program Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan Nasional (PBI JK).

 

Ketiga bansos ini diberikan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) kepada masyarakat kurang mampu yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Untuk mengecek apakah Anda termasuk penerima manfaat bansos Kemensos 2023, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka laman https://cekbansos.kemensos.go.id/ di browser HP atau komputer Anda.
2. Pilih wilayah tempat Anda tinggal, mulai dari provinsi, kabupaten, kecamatan, hingga desa atau kelurahan.
3. Masukkan nama lengkap Anda sesuai dengan KTP Anda di kolom yang tersedia.
4. Masukkan kode captcha yang muncul di layar untuk verifikasi.
5. Klik tombol Cari Data dan tunggu hasilnya.

Jika nama Anda terdaftar sebagai penerima manfaat bansos Kemensos 2023, Anda akan melihat informasi tentang jenis bansos yang Anda dapatkan, baik PKH, BPNT, PBI JK, atau lainnya. Jika nama Anda tidak terdaftar, Anda akan melihat keterangan “Tidak Terdapat Peserta/PM”.

Nah, itulah cara cek dapat bansos pakai KTP 2023 yang bisa Anda lakukan secara online. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!**

Editor: Achmad Ronggo


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x