BMKG Rilis Wilayah Berpotensi Banjir  Januari 2021, Berikut Daftar Wilayahnya

- 24 Januari 2021, 16:02 WIB
ilustrasi BMKG Rilis Wilayah Berpotensi Banjir  Januari 2021, Berikut Daftar Wilayahnya
ilustrasi BMKG Rilis Wilayah Berpotensi Banjir  Januari 2021, Berikut Daftar Wilayahnya /bmkg

LAMONGAN TODAY – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis daftar wilayah yang berpotensi terjadi banjir pada Januari 2021. Bencana banjir patut diwaspadai mengingat saat ini Indonesia memasuki puncak musim hujan.

Demikian diungkapkan Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG, Dodo Gunawan.

"Januari-Februari memasuki puncak musim hujan karena itu perlu ditingkatkan kewaspadaan terhadap bencana hidrometeorologi," kata Dodo dalam siaran pers yang diterima Lamongan Today, Senin 18 Januari 2021.

Baca Juga: Filter ‘Ga Ngotak’ Viral di TikTok, Begini Cara Edit Filter Foto Cowok ke Cewek

Berdasarkan data BMKG pada Dasarian III Januari 2021 terdapat daerah dengan potensi banjir menengah yaitu Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi tenggara, Maluku dan Papua.

"Perlu diwaspadai potensi bencana banjir yang dalam waktu dekat kemungkinan terjadi," kata Kepala Pusat Layanan Iklim Terapan Ardhasena Sopaheluwakan.

Deputi bidang Meteorologi Guswanto mengatakan, saat ini ada beberapa fenomena cuaca yang harus diwaspadai yaitu MJO (Madden Julian Oscillation) serta fenomena lokal, regional dan global.

Baca Juga: Lirik Lagu dan Terjemahan ‘Will Be Back’ – Sun Hae Im Ost Moon Lovers Viral di TikTok

MJO saat ini teramati sedang aktif di wilayah Samudra Hindia sebelah barat Sumatera. Fenomena gelombang asmosfer (Kelvin Wave) diprakirakan cukup aktif di sebagian wilayah Indonesia bagian timur periode 14-17 Januari 2021.

Sedangkan Angin Monsun Asia mengalami penurunan intensitas dalam sepekan terakhir dan diperkirakan akan meningkat kembali dalam sepekan ke depan. Sementara suhu muka laut masih relatif hangat.

Halaman:

Editor: Nita Zuhara Putri

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X