Bank Indonesia Jawab Kekuatan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia, 4,5-5,3 Naik Didorong Permintaan Domestik

- 13 Februari 2023, 11:30 WIB
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi.
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi. /Freepik/

LAMONGAN TODAY - Mengomentari rilis dari BPS itu, Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono menjelaskan, data BPS tersebut menunjukkan pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap kuat.

“Ke depan, pertumbuhan ekonomi 2023 diprakirakan tetap kuat pada kisaran 4,5--5,3 persen, didorong oleh peningkatan permintaan domestik, baik konsumsi rumah tangga maupun investasi,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya, belum lama ini.

lamongantoday.pikiran-rakyat.com

Di sisi lain, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengemukakan, pencapaian pertumbuhan ekonomi secara impresif sebesar 5,31 persen.

Itu telah melampaui target yang ditetapkan pemerintah, yakni sebesar 5,2 persen, dan kembali mencapai level 5 persen seperti sebelum pandemi.

“Ya, pertama pencapaian ini menjadi katakanlah extraordinary di tengah tekanan global yang pertumbuhannya rendah.'

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia di atas rata-rata pertumbuhan dunia, yakni hanya mencapai 4 persen," ujar Menko Airlangga dalam siaran persnya, Selasa (7/2/2023).

Menurut Menko Airlangga, hasil tersebut tidak datang begitu. Kebijakan yang diambil Presiden Joko Widodo selama tiga tahun penanganan Covid-19, menjadi pemicunya.

"Itu keseimbangan antara gas dan rem, kemudian pembentukan KPC-PEN. Kemudian anggaran untuk perlindungan sosial dan pemulihan ekonomi nasional. Ini merupakan sebuah sequence,” tambahnya.

Halaman:

Editor: Nugroho

Sumber: indonesia


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x