Pertamina Rencanakan IPO Anak Perusahaan, Bang Zul: Bisa Jadi Untung atau Buntung?

- 9 Agustus 2021, 16:07 WIB
Ilustrasi IPO.
Ilustrasi IPO. /ANTARA

LAMONGAN TODAY - Pemerintah pusat melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mendorong PT Pertamina (Persero) melakukan IPO (initial public offering) atau penawaran umum perdana saham terhadap tiga dari lima anak perusahaannya. Rencana ini memunculkan pro kontra di sejumlah kalangan.

Anggota Komisi VII DPR RI Zulfikar Hamonangan, SH pun masih menyangsikan dengan rencana perusahaan pelat merah tersebut.

Sebab, rencana IPO anak perusahaan minyak ini, tidak bisa menjamin bahwa perusahaan ini akan meraih keuntungan atau sebaliknya.

Baca Juga: Amalan dan Larangan Bulan Muharram 1443 Hijriyah

Diketahui, tiga perusahaan PT Pertamina yang akan dilakukan IPO adalah PT Pertamina Geothermal Energy, PT Pertamina Hulu Energi, dan PT Pertamina International Shipping.

Ketiganya merupakan perusahaan yang memiliki keterkaitan yang erat dengan hajat hidup orang banyak.

"Kami tahu, rencana IPO ini dilakukan karena terpaksa. Lifting migas atau produksi yang siap jual tak terpenuhi atau jauh dari target. Lalu, apakah ada jaminan dengan melakukan IPO bisa untung ? Atau malah buntung atau merugi ?" kata Bang Zul, sapaan akrabnya melalui keterangannya, kemarin.

Baca Juga: Doa Mengakhiri dan Mengawali Tahun 1 Muharram 1443 Hijriyah, Lengkap Arab, Latin, dan Terjemahannya

Berdasar informasi, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat realisasi lifting minyak dan gas bumi pada semester I tahun 2021 ini masih di bawah target.

Halaman:

Editor: Nugroho


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x