Pastikan Pemulihan Ekonomi Global, Biden Desak Negara G20 Penghasil Energi Tambah Produksi

- 31 Oktober 2021, 15:53 WIB
Joe Biden Presiden AS
Joe Biden Presiden AS /Tangkapan layar Instagram/@joebiden

LAMONGAN TODAY - Presiden Amerika Serikat Joe Biden mendorong negara-negara G20 penghasil utama energi agar menambah produksinya untuk memastikan pemulihan ekonomi global yang semakin kuat.

Dorongan itu diungkapkan Biden sebagai bagian dari usaha luas untuk memaksa Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan mitranya agar menambah kiriman minyak.

Dengan melambungnya harga minyak dan gas, sejumlah negara penghasil energi di antaranya Rusia dan Arab Saudi belum cukup menambah produksi untuk mencukupi keperluan sebagian besar negara sebagai konsumen energi dan takut dengan kekurangan energi dan inflasi.

Baca Juga: Ini 8 Gerakan GYM Khusus Pemula dari Maria Vania, Bisa Dilakukan di Rumah

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan kecemasan itu melalui suatu wawancara dengan surat kabar Financial Times.

Macron mendorong pemerintah negara-negara G20 untuk meningkatkan "visibilitas dan stabilitas harga" yang lebih baik untuk mencegah ancaman yang mengacaukan pemulihan ekonomi global pascapandemi.

Harga gas alam yang melonjak, dengan tolok ukur Eropa bertambah hampir 600 persen tahun ini, ditunjang dengan persediaan gas yang rendah dan permintaan yang membengkak.

Baca Juga: Sinopsis Film Amityville The Awakening: Seorang Pria Bunuh Keluarganya akibat Dorongan Suara Misterius

Usai sesi G20, salah satu pejabat senior pemerintah Amerika Serikat menyebutkan bahwa negara-negara konsumen energi mulai membicarakan usaha yang bisa mereka lakukan apabila OPEC dan mitranya tidak berproduksi optimal.

Halaman:

Editor: Achmad Ronggo

Sumber: Financial Times


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X