HARGA EMAS Capai Rekor Tertinggi Akibat Inflasi, Suku Bunga di Amerika Serikat Melambung, Perlawanan Rusia?

- 14 April 2022, 11:03 WIB
Harga Emas.
Harga Emas. /Pixels/

LAMONGAN TODAY - Harga emas kembali menguat mencapai level tertinggi satu bulan pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB).

Harga emas menguat karena kenaikan harga-harga konsumen mendorong daya tariknya sebagai lindung nilai inflasi, dengan investor tampaknya mengabaikan kenaikan suku bunga yang akan datang oleh Federal Reserve.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Juni di divisi Comex New York Exchange, terdongkrak 8,6 dolar AS atau 0,44 persen, menjadi ditutup pada 1.984,70 dolar AS per ounce.

Baca Juga: Lirik Lagu Bagaikan Langit dan Bumi dari Via Valen, Kisah Perumpamaan Seseorang dengan Orang yang Dicintai

Emas berjangka melonjak 27,9 dolar AS atau 1,43 persen menjadi 1.976,10 dolar AS di sesi sebelumnya.

Emas tampaknya mengabaikan kenaikan suku bunga AS dan "sangat fokus pada inflasi", kata Edward Meir, analis ED&F Man Capital Markets.

Data menunjukkan pada Selasa (12/4/2022) bahwa harga konsumen bulanan AS melonjak pada Maret, memperkuat kasus untuk kenaikan suku bunga 50 basis poin dari Federal Reserve bulan depan ketika berusaha untuk mengatasi inflasi.

Baca Juga: [PERKIRAAN CUACA] BMKG: Hujan Lebat, Petir, dan Angin Kencang Guyur Wilayah Indonesia

Sementara itu, Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan pada Rabu (13/4/2022) bahwa indeks harga produsen AS untuk permintaan akhir pada Maret naik 11,2 persen dari tahun lalu dan 1,4 persen dari bulan sebelumnya.

Halaman:

Editor: Nugroho


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x