Tidak Hanya Sebagai Tempat Ibadah, Pemerintah Dorong Masjid Bersejarah Sebagai Destinasi Wisata

- 17 Februari 2021, 14:10 WIB
Sandiaga Uno.
Sandiaga Uno. /Instagram.com/@sandiuno

LAMONGAN TODAY - Pemerintah mendorong masjid-masjid bersejarah di Indonesia menjadi destinasi wisata baru sehingga dapat menarik lebih banyak wisatawan.

"Sejarah mencatat hadirnya kota-kota yang ada di Indonesia menjadikan masjid sebagai komponen pembentuk peradaban, ditandai adanya masjid-masjid bersejarah di Indonesia, salah satunya Masjid Saka Tunggal di Banyumas," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno, seperti dikutip Lamongan Today dari Antara, Rabu 17 Februari 2021.

Ia mengatakan selama ini umumnya masjid sebagai tempat ibadah, tetapi seiring dengan perkembangan dan potensinya menjadi wajar apabila kemudian diubah sebagai daya tarik wisata.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir ke-125, Google Doodle Kenang Marie Thomas, Dokter Perempuan Pertama Indonesia

"Program yang dapat dikembangkan adalah wisata sejarah, wisata religi. Saya ingin mendukung wisata religi sebagai bagian dari 'heritage tourism', seperti Masjid Agung Demak, Masjid Agung Banten yang merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia," katanya.

Oleh sebab itu, ia meminta semua pihak supaya ikut berinovasi, beradaptasi, dan berkolaborasi untuk menjadikan masjid sebagai daya tarik wisata ekonomi kreatif.

Di sisi lain, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mengatakan di tahun 2018 Jawa Tengah sukses meraih penghargaan mengenai pariwisata halal dari pemerintah pusat.

Baca Juga: Tampil Menakjubkan, Mbappe Cetak Hattrick Ketika PSG Bungkam Barcelona 1-4 Meski Tanpa Neymar

"Dengan predikat ini kami ingin memperlihatkan bahwa Jateng memang punya destinasi wisata berbasis halal. Salah satu daya tarik wisata adalah masjid, salah satunya MAJT yang punya keunikan dan karakteristik bangunan yang sangat indah," katanya.

Halaman:

Editor: Achmad Ronggo

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X