Inilah Alasan Mengapa Tahun Baru Imlek Identiik Dengan Angpao

- 9 Februari 2021, 22:07 WIB
Ilustrasi Perayaan Imlek.
Ilustrasi Perayaan Imlek. /pixabay.com/hulkiokantabak

 

LAMONGAN TODAY – Perayaan tahun baru imlek selalu identik dengan tradisi bagi-bagi angpao.  Masyarakat Tionghoa percaya bahwa membagikan angpao dapat memberikan kebaikan dan berkah bagi penerimanya.

Angpao seperti menjadi salah satu hal yang wajib untuk ada setiap perayaan tahun baru imlek. Identik dengan warna merah, angpao yang merupakan amplop berisi uang ini biasa dibagikan kepada mereka yang berusia lebih muda.

Di negara asalnya yakni Cina, angpao disebut dengan ‘hong bao’ atau ‘lai see’ yang berarti amplop merah, saku merah, atau paket merah dalam bahasa Kanton.

Baca Juga: Tak Terima Betrand Peto di 'Roasting' Ridwan Remin, Ruben Onsu: Dimana Hati Nurani Anda

Tradisi memberikan angpao  sudah dilakukan dari ribuan tahun yang lalu. Tradisi ini diperkirakan sudah terjadi sejak masa Dinasti Qin, sekitar tahun 221-206 SM.

Pada masa itu orang tua di China memberikan 100 koin menggunakan sebuah kantong berwarna merah  yang disebut dengan ‘ya sui qian’ kepada anak-anaknya. ‘ya sui qian’ sendiri memiliki arti uang untuk mengusir roh jahat.

Mereka percaya bahwa pemberian tersebut dapat melindungi anak-anak mereka dari penyakit dan roh jahat, serta diberikan umur yang panjang.

Baca Juga: Ternyata ini Arti di Balik Simbol-simbol pada Perayaan Imlek

Halaman:

Editor: Furqon Ramadhan

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X