CEK FAKTA: Benarkah Vaksin Sinovac Bisa Membesarkan Alat Kelamin Pria?

- 8 Januari 2021, 10:08 WIB
Ilustrasi Cek fakta: vaksin Sinovac bisa membesarkan alat kelamin pria
Ilustrasi Cek fakta: vaksin Sinovac bisa membesarkan alat kelamin pria /Kemenkes

LAMONGAN TODAY - Pemerintah saat ini tengah serius dalam melakukan percepatan dalam penanganan pandemi Covid-19.

Salah satu upaya terbesar pemerintah dalam menangani wabah ini dengan membeli vaksin dari berbagai negara lain yang sudah lebih dulu menemukan vaksin tersebut.

Vaksin Sinovac yang berasal dari Cina menjadi pilihan pemerintah dalam melakukan vaksinasi massal ke masyarakatnya. Jutaan vaksin sudah tiba di tanah air dan sudah disebar hampir ke seluruh pelosok negeri setelah selesai di uji keamanannya.

Baca Juga: Cara Mudah Dapatkan Bansos Bagi Pemilik KIS, Segera Cek Daftar Penerimanya Di Sini

Namun, meski begitu masih banyak kabar – kabar miring yang beredar di masyarakat mengenai vaksin Sinovac ini. Salah satunya adalah dikatakan Vaksin Sinovac bisa memperbesar kelamin alat pria.

Akun Agus Papaa Jenggott (fb.com/agus.p.mansyur) pada 7 Januari 2021 mengunggah sebuah gambar potongan koran yang berisi narasi sebagai berikut:

Dalam sebuah jurnal terbitan Inggris misalnya, vaksin Sinovac disebutkan memberi efek samping pembesaran alat kelamin. Lelaki yang sudah disuntik vaksin buatan China tersebut disebutkan alat vitalnya memanjang sampai 3 inchi.”

Baca Juga: Resmikan Renovasi Masjid Istiqlal, Presiden Jokowi Ingin Umat Islam Lakukan Ini

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya jurnal terbitan Inggris yang menyebutkan bahwa vaksin Sinovac memberi efek samping pembesaran alat kelamin adalah klaim yang keliru.

Faktanya, klaim tersebut adalah informasi palsu. Jurnal yang disebutkan di klaim adalah studi yang telah diedit sedemikian rupa. Pihak dari BPOM menegaskan informasi tersebut hoaks.

Halaman:

Editor: Nita Zuhara Putri

Sumber: turnbackhoax


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X