1442 Hijriyah, Berikut Amalan dan Larangan Bulan Muharram

- 19 Agustus 2020, 22:23 WIB
Tahun baru Hijriyah 1442./Pixabay
Tahun baru Hijriyah 1442./Pixabay /

LAMONGAN TODAY - 1 Muharram 1442 Hijriyah menjadi hari spesial bagi umat muslim di dunia.

Pergantian tahun 1441 Hijriyah menuju 1442 Hijriyah memiliki memiliki banyak keistimewaan. Oleh karena itu, umat Islam setidaknya mengetahui, bagimana menyambut tahun baru 1 Muharram 1442 Hijriyah dengan amalan dan mengetahui larangan pada bulan Muharram.

Berikut Lamongan Today sajikan amalan dan larang dalam bulan Muharram yang dihimpun dari berbagai sumber.

Berpuasa

Di dalam riwayat Rayyan bin Syabib, Imam Ali Ridha as mengatakan, “Sesiapa berpuasa pada hari ini dan berdoa kepada Allah, maka dia akan mendapati doanya seperti diterimanya doa Nabi Zakariya as.” Anjuran berpuasa dan juga berdoa pada tanggal 1 Muharram ini sangat disarankan supaya doa dan puasa yang dijalankan tersebut akan diterima seperti doa Nabi Zakaria as yang diterima oleh Allah SWT.

Baca Juga: Putri Pelatih Persela Lamongan Positif Covid-19: Mohon Doanya Ya

Shalat Dua Rakaat dan Baca Doa

Imam Ali Ridha as menyampaikan, Rasulullah SAW pada hari pertama bulan Muharram melaksanakan shalat dua rakaat dan juga membacakan doa. Ya Allah, Tuhan Yang Mahakarim, inilah tahun baru, aku memohon suaka-Mu dari kejahatan setan, kekuatan untuk menahan hawa nafsu yang menyeretku kepada kejelekan, sibuk dengan aktivitas yang mendekatkan diriku kepada-Mu. Wahai Zat Yang Maha Pemurah dan Pemilik kemuliaan. Wahai Sandaran orang yang tidak memiliki sandaran. Wahai Simpanan orang yang tidak memiliki simpanan, wahai Pelindung orang yang tidak memiliki perlindungan.

Puasa Asyura

Halaman:

Editor: Nugroho

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x