Niat Puasa Senin-Kamis, Ini Keutamaannya. Arab, Latin dan Terjemahan

- 25 Juli 2021, 13:02 WIB
Ilustrasi - niat puasa Senin-Kamis
Ilustrasi - niat puasa Senin-Kamis /UNSPLASH/grstocks

LAMONGAN TODAY – Puasa sunah Senin dan Kamis menjadi salah satu amalan yang sudah diamalkan sejak zaman Rasullulah. Puasa Senin dan Kamis dinilai memiliki pahala yang besar, dan juga berdampak positif bagi kehidupan.

Seperti diriwayatkan Hadist Riwayat Muslim, hari Senin dan Kamis merupakan hari di mana Nabi Muhammad SAW dilahirkan. Hari tersebut juga merupakan hari dimana nabi diutus atau diturunkan wahyunya.

Puasa Senin-Kamis pun memiliki beberapa keutamaan, bahkan Nabi Muhammad SAW pun sangat jarang meninggalkan puasa sunnah ini. Nabi Muhammad SAW ingin ketika amalannya diangkat ke hadapan Allah swt beliau dalam keadaan shaum.

Baca Juga: Lirik Lagu Cukup Lebih Baik oleh Ade Govinda feat Fadly Viral di YouTube

"Dari Abu Hurairah ra, bahwasanya Nabi Muhammad SAW berpuasa pada hari Senin dan Kamis, maka aku bertanya kepada Beliau, lalu Beliau bersabda, 'Sesungguhnya amalan-amalan seseorang didatangkan pada hari Senin dan Kamis."

Aisyah ra mengatakan, "Rasulullah saw biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis." (HR. An Nasai dan Ibnu Majah).

Septian El Syakir dalam buku berjudul Islamic Hypnoparenting: Mendidik Anak Masa Kini ala Rasululla, menyebutkan keutamaan orang yang berpuasa. Beberapa di antaranya ampunan dan pahala yang sangat besar.

Baca Juga: Harga HP iPhone Terbaru Mulai Dari iPhone 12 Series, SE 2020, 11 Series, Hingga Xs Max

Puasa disebut sebagai tameng terhadap api neraka, puasa adalah pemutus syahwat, orang yang berpuasa mendapat ganjaran khusus di sisi Allah.

Halaman:

Editor: Nugroho


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X