Jokowi Sapa Penonton di PON XX Papua 2021, 3 Ucapan Khas Papua Ini Buat Penonton Bersorak Riuh

- 3 Oktober 2021, 20:13 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, pada Sabtu, 2 Oktober 2021 malam..
Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, pada Sabtu, 2 Oktober 2021 malam.. /Tangkap layar YouTube.com/Sekretariat Presiden.

LAMONGAN TODAY - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) hadir pada pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021, di Stadion Lukas Enembe pada Sabtu, 2 Oktober 2021 malam.

Dalam pembukaan tersebut, Presiden Jokowi memberikan sambutan serta menyapa masyarakat Papua menggunakan tiga ucapan khas Papua.

"Huwe foi, onomi rehmay, wa wa wa, salam olahraga," kata Presiden Jokowi dalam sambutan pembukaan PON XX Papua 2021, seperti dikutip dari ANTARA.

Baca Juga: Link Live Streaming Liverpool vs Manchester City Pukul 22.30 WIB, Klik Di Sini

Nampak usai Presiden Jokowi mengatakan tiga ucapan khas Papua itu, masyarakat yang hadir menyambut dengan riuh ketika menyaksikan dari tribun.

Adapun tiga ucapan khas Papua tersebut memang sering dikatakan oleh masyarakat yang berasal dari wilayah timur Indonesia.

Ungkapan "Huwe foi dan onomi rehmay" berasal dari bahasa Sentani yang dapat diartikan ucapan selamat malam, selamat datang dan Tuhan Memberkati.

Baca Juga: Sukseskan PON Papua, Ratusan Relawan Jaga Kebersihan Kompleks Stadion Lukas Enembe

Sedangkan ucapan "wa wa wa" sering dipakai untuk membuka atau mengakhiri pembicaraan bagi masyarakat di wilayah pegunungan Papua.

Halaman:

Editor: Achmad Ronggo

Sumber: Pikiran Rakyat Depok


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X