Tak Banyak yang Tahu! Inilah Biodata Istri Soekarno Mulai dari Siti Oetari, Fatmawati hingga Heldy Djafar

- 12 Oktober 2021, 22:33 WIB
Ir. Soekarno.
Ir. Soekarno. /Tangkap layar Instagram/@thebigbung

LAMONGAN TODAY - Daftar dan biodata istri Presiden Soekarno mulai dari Siti Oetari, Fatmawati, hingga Heldy Djafar bisa Anda simak melalui artikel ini.

Presiden Indonesia pertama yaitu Soekarno memang dikenal mempunyai beberapa istri. Tetapi, tak banyak yang mengetahui daftar dan biodata dari istri-istri sang proklamator tersebut.

Terdapat 9 nama istri dari Presiden Soekarno yang tercatat secara resmi. Masing-masing istri tersebut mempunyai biodata dan kisah cinta dengan Presiden Soekarno, untuk mengetahui selengkapnya, berikut kami sampaikan.

Baca Juga: Cedera Bukan Halangan, Yanto Basna Beri Wejangan pada Ramai Rumakiek dan Ricky Kambuaya

Masyarakat umum mengenal istri Presiden Soekarno adalah Fatmawati, tetapi sebenarnya bukan hanya itu, ada beberapa nama baik sebelum ataupun setelah Fatmawati menjadi istri sang Presiden.

Nama istri pertama Presiden Soekarno yaitu Siti Oetari, Ia merupakan anak dari pahlawan nasional HOS Cokroaminoto. Presiden Soekarno menikah dengannya waktu ia berumur 20 tahun, sementara Siti Oetari berumur 16 tahun. Hubungan keduanya berakhir dengan perceraian.

Istri kedua Presiden Soekarno yaitu Inggit Garnasih seorang perempuan asli dari Bandung. Presiden Soekarno menikahi Inggit Garnasih pada 24 Maret 1923, pernikahan ini juga bertahan cukup lama yaitu 20 tahun, mereka bercerai akibat sang istri tidak mau untuk dimadu.

Baca Juga: Mengaku Ditipu Asuransi Kesehatan, Wanda Hamidah Minta Jokowi Lakukan Hal Ini

Usai dengan Inggit, Presiden Soekarno diketahui mempunyai istri yaitu Fatmawati, perempuan muda yang berasal dari Bengkulu. Pernikahan antara keduanya berlangsung pada 1 Juni 1943, Ia lah yang menemani Presiden Soekarno waktu membacakan proklamasi sampai menjahit bendera merah putih.

Halaman:

Editor: Achmad Ronggo

Sumber: Berita DIY


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X