Rekam Jejak Profil AKP Hasoloan Situmorang Si Pengungkap Ladang Ganja

- 10 Maret 2021, 12:33 WIB
AKP Hasoloan Situmorang.
AKP Hasoloan Situmorang. /Polres Metro Jakarta Barat/

LAMONGAN TODAY - Kanit II Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, AKP Hasoloan Situmorang menunjukkan kinerja terbaiknya di awal tahun 2021 ini. Sebab, ia berhasil mengungkap ladang ganja seluas 12 hektar dengan berat total barang bukti ganja 144,5 Ton.

Siapa sangka ternyata AKP Hasoloan itu baru menjadi Kanit 2 Narkoba selama 4 bulan terakhir. Tapi ia mampu mengungkap ladang ganja dari hasil pengembangan ungkapan ratusan kilogram dengan berbagai modus pengiriman.

Sebab, sebelum pindah jadi Kanit 2 Narkoba, Hasoloan ini adalah Kanit Resmob Satreskrim Polres Metro Jakarta Barat. Berbagai pelaku kejahatan pernah dilumpuhkan dengan timah panas karena melawan. 

Baca Juga: Tak Main-main, Polres Jakbar Ungkap 144,5 ton Narkoba Jenis Ganja

Hasoloan mengaku, ketika baru pindah sebagai Kanit 2 Narkoba, tentunya ia perlu penyesuaian, baik itu kepada anggotanya maupun kepada cara mengungkap kasus Narkoba. 

"Menurut saya semua bidang tugas itu menarik, tetapi kalau di penugasan satuan narkoba memiliki karakteristik tersendiri," tutur Hasoloan Rabu (10/3/2021). 

Pengungkapan kasus narkoba bukan karena dirinya yang hebat, tapi kerjasama tim Unit 2 yang dipimpinnya sangat kuat. Sehingga ia bisa menemukan ladang ganja seluas 12 Hektar di Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Baca Juga: Ratusan Personel Polres Jakarta Barat di Vaksinasi Covid-19

"Pada prinsipnya semua itu (penemuan Ladang Ganja) bisa berhasil berkat arahan bimbingan dari pimpinan bapak Kapolres, Wakapolres dan dalam lingkup Satres Narkoba itu dari Kasat Narkoba kemudian kerjasama yang baik di Unit 2 khususnya dalam hal melakukan penyelidikan pendalaman bahan keterangan yang didapat dan bersumber dari masyarakat yang peduli tentang pemberantasan peredaran gelap narkoba. Jadi saya pribadi tidak merasa spesial dan istimewa, yang spesial dan istimewa itu adalah komandan-komandan saya serta personel Unit 2," terang dia. 

Halaman:

Editor: Nugroho

Sumber: Polres Metro Jakarta Barat


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X