CEK FAKTA: Video Diduga Capt Afwan Bernyanyi Lagu Perpisahan, Ini Penejelasannya

- 15 Januari 2021, 10:23 WIB
CEK FAKTA: Video Diduga Capt Afwan Sriwijaya Sedang Bernyanyi Diringi Piano dengan Lagu Perpisahan
CEK FAKTA: Video Diduga Capt Afwan Sriwijaya Sedang Bernyanyi Diringi Piano dengan Lagu Perpisahan /Turnbackhoax/postinganfb/hoax/

LAMONGAN TODAY - Kejadian hilangnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 beberapa waktu yang lalu banyak menimbulkan kabar dan berita – berita yang tidak memilikikejelasan tentang kebenarannya.

Baru baru ini, Beredar postingan viral di Facebook oleh akun bernama Nimi Harti di grup “Lagu Kenangan Nostalgia”. Postingan yang mendapat likes sebanyak 2,5 ribu kali dan dibagikan sebanyak 750 kali, menampilkan dua orang yang sedang mengcover lagu berjudul “Jangan Ditanya Kemana Aku Pergi”.

Kemudian, seorang laki-laki di bagian vocal lantas diklaim oleh Nimi Harti sebagai pilot Pesawat Sriwijaya Air SJ182, Capt. Afwan dan lagu yang dibawakannya itu adalah lagu perpisahan yang sarat makna.

Baca Juga: Update Data Kerusakan Bangunan dan Korban Gempa Sulawesi Barat

 Capt. Afwan yang kerap disapa Haji Afwan dikenal sering memakai peci putih. Sosoknya tersebut lantas diklaim sebagai seorang yang ada di video, karena sama-sama memakai peci putih.

Setelah dilakukan penelusuran fakta menggunakan pencarian gambar Yandex.com, diketahui bahwa penyanyi yang memakai peci putih dalam video tersebut bernama Ghofur, akrab disapa abah Ghofur. Diketahui bahwa abah Ghofur memang suka mengcover lagu bergenre dangdut jadul.

Video asli dapat ditemukan di channel Youtube bernama abill hasan, dalam video, abil memakai baju ungu dan mendapat bagian bermain piano. Judul video yang asli yakni “jangan ditanya kenapa abah ghafur cover”, pertama kali diupload pada 18 November 2019.

Baca Juga: HP Vivo Terbaru Sepesifikasi Juara Rentang Harga 1 sampai 2 Jutaan Saja

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa seorang yang bernyanyi dalam video yang diposting oleh Nimi Harti bukanlah pilot pesawat Sriwijaya Air SJ182. Sehingga klaim dalam postingan tersebut HOAX dan termasuk kategori Koneksi yang Salah.***

Editor: Nugroho

Sumber: turnbackhoax


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X