Pemkab Lamongan Gandeng IPB Buat Sentra Peternakan Rakyat: Ngimbang, Sambeng, Sukorame Jadi Lokasinya

- 27 Juli 2021, 21:33 WIB
Ilustrasi: sentra peternakan rakyat
Ilustrasi: sentra peternakan rakyat /Kabar Cirebon/Tati Purnawati/

LAMONGAN TODAY - Setelah sukses di bidang pertanian dengan komoditas padi dan jagungnya, Pemerintah Kabupaten Lamongan ingin mengembangkannya di bidang peternakan.

Dengan menggandeng Guru Besar Institute Pertanian Bogor (IPB) Prof. Dr. Muladno, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi yang akrab disapa Bupati YES melakukan zoom untuk mengkoordinasikan pembuatan Sentra Peternakan Rakyat (SPR), Selasa 27 Juli 2021.

Menurut Prof. Dr. Muladno dengan pembentukan SPR ini akan meningkatkan populasi ternak di Kabupaten Lamongan serta meningkatkan pendapatan peternak.

Baca Juga: Ikan Di Bogor Senilai 24 Miliar Dicuri, Dua Tersangka Masih Buron

SPR merupakan suatu kawasan tertentu sebagai media pembangunan peternakan dan kesehatan hewan yang di dalamnya terdapat populasi ternak tertentu yang dimiliki oleh sebagian besar pemukim di satu desa atau lebih, serta sumber daya alam untuk kebutuhan hidup ternak (air dan bahan pakan).

“Nanti pada SPR ini akan diajarkan 3 hal kepada para peternak untuk pembentukan karakter peternak melalui perubahan pola pikir, kelembagaan penerapan bisnis kolektif berjamaah, dan penguatan ilmu pengetahuan dan teknologi,” ungkap Prof. Dr. Muladno melalui keterangannya.

Menurutnya pada 1 SPR nantinya akan menjangkau 1 kecamatan dan didampingi oleh manager sarjana peternakan.

Baca Juga: Mendes Minta Cairkan BLT Dana Desa Senilai Rp 300 Ribu Per Bulan, Cek Namamu Di Situs sid.kemendesa.go.id

Melalui SPR, berbagai ilmu pengetahuan seperti reproduksi, pakan, pembibitan, manajemen, sosial ekonomi, hingga pengembangan jaringan diberikan kepada peternak.

Halaman:

Editor: Nugroho


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X