CIA Berhasil Bongkar Peristiwa G30S PKI, Bagaimana Sikap Pemerintah Indonesia?

- 22 September 2021, 23:18 WIB
Ilustrasi: Peringatan peristiwa G30S PKI.
Ilustrasi: Peringatan peristiwa G30S PKI. /tangkap layar cagarbudaya.kemdikbud.go.id

LAMONGAN TODAY - Memasuki bulan September, kita pasti ingat bahwa ada salah satu peringatan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Tepat ditanggal 30 September nanti akan diperingati G30S PKI atau dalam dokumen pemerintah tertulis Gerakan 30 September/PKI.

Peristiwa bersejarah ini akan selamanya diingat oleh seluruh masyarakat Indonesia sebagai salah satu momen perjuangan dalam meraih kemerdekaan Indonesia.

Peristiwa G30S PKI ini bahkan juga dituangkan ke dalam film "G30S/PKI". Untuk mengenang peristiwa besar yang pernah terjadi di Indonesia ini, fillm ini sering diputar dan disaksikan secara bersama-sama oleh masyarakat Indonesia setiap tahun pada 30 September.

Baca Juga: Kapan Hasil Seleksi Kartu Prakerja Diumumkan? Pemerintah Gunakan Cara Ini untuk Penentuan Lolos

Peristiwa mengerikan yang terjadi pada 30 September 1965 hingga 1 Oktober tahun 1965 silam, diketahui menjadi momen pembantaian tujuh perwira tinggi militer Indonesia beserta beberapa orang yang dibunuh.

Pembunuhan itu dilakukan hanya dalam waktu satu malam, kemudian jasad mereka dibuang ke lubang buaya dalam waktu yang hampir bersamaan.

Kisah G30S PKI yang menjadi sebuah pertempuran berdarah sampai saat ini masih menjadi kisah pertempuran yang penuh misteri.

Baca Juga: Sosok Inilah yang Blak-blakan Pacar Rey Bong yang Bukan Sandrinna Michelle, Bikin Shock

Bahkan ada beberapa fakta mengejutkan dari peristiwa G30S PKI ini yang berhasil diungkap oleh Badan Intelejen Luar Negeri Amerika Serikat (CIA). Berdasarkan laporan dari Badan Intelejen Luar Negeri Amerika Serikat mengatakan jika ada beberapa data rahasia dari peristiwa berdarah itu.

Halaman:

Editor: Nugroho

Sumber: Kabar Lumajang


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X