Intip Tren Bersepeda, Olahraga Populer di Kala Pandemi

- 17 November 2020, 17:12 WIB
ILUSTRASI pesepeda  /Pikiran-rakyat.com/Armin Abdul Jabbar
ILUSTRASI pesepeda /Pikiran-rakyat.com/Armin Abdul Jabbar /

LAMONGAN TODAY - Kesehatan merupakan hal yang penting dan sangat mahal sehingga harus dijaga, khususnya di kala pandemi seperti saat ini.

Walaupun banyak upaya telah dilakukan oleh pemerintah demi menjaga kesehatan masyarakat Indonesia, setiap individu juga diharapkan agar bisa menjalankan gaya hidup sehat untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Beberapa cara yang dianjurkan oleh para pakar kesehatan sangatlah mudah dan cukup terjangkau secara harga misalnya mengonsumsi vitamin, menjaga pola makan yang teratur, istirahat cukup, dan berolahraga secara teratur.

Baca Juga: Solusi Makan, Belanja, dan Transportasi dari Merchant Baru ShopeePay Minggu Ini

Selain itu, seringlah mencuci tangan agar kebersihan tangan terjaga, tidak hanya dengan hand sanitizer saja. Menjaga suasana hati juga sangat penting, karena menjadi kunci utama untuk meningkatkan imunitas.

Salah satu kegiatan yang menyenangkan hati adalah berolahraga karena dapat menghasilkan lebih banyak hormon endorfin untuk melepaskan stres.

Saat ini, bersepeda menjadi olahraga yang paling digemari masyarakat. Selain merupakan ajang aktivitas outdoor, bersepeda juga memiliki berbagai manfaat, seperti:

1.Menambah stamina dan melatih keseimbangan tubuh

Bersepeda memaksa otot dan tubuh kita bergerak termasuk otot dan sendi yang selama ini jarang aktif akibat terlalu lama duduk saat bekerja.

Aktifnya seluruh bagian tubuh membuat otot dan tubuh terbiasa bergerak sehingga tubuh pun menjadi lebih kuat dan bugar. Selain menambah stamina, bersepeda dapat melatih keseimbangan tubuh karena tumpuan berpusat di tengah agar tidak jatuh ke samping.

Manfaat tambahan dari seluruh tubuh yang aktif bergerak adalah sistem kekebalan tubuh yang meningkat dimana pada masa pandemi sangat dibutuhkan untuk mencegah terjangkit penyakit.

2.Mengurangi resiko penyakit jantung

Saat bersepeda, jantung berdetak lebih cepat sehingga memperlancar sirkulasi darah baru yang mengandung banyak oksigen ke seluruh tubuh.

Dengan ini, jantung pun diajak untuk aktif sehingga dapat mencegah resiko penyakit jantung. Kerja jantung yang baik dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga bagi yang ingin mendapatkan berat badan ideal, aktivitas bersepeda juga dapat mendukung hal tersebut.

Baca Juga: Tutup Rangkaian 11.11, ShopeePay Day Kembali dengan Beragam Kejutan Spesial

Halaman:

Editor: Nugroho

Sumber: ShopeePay


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X