Rupiah Menguat Dampak Pemulihan Ekonomi Global

- 23 Agustus 2021, 11:12 WIB
Ilustrasi kurs rupiah dolar.
Ilustrasi kurs rupiah dolar. /PIXABAY/geralt

LAMONGAN TODAY - Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin pagi, menguat seiring pelaku pasar yang masih optimistis terhadap pemulihan ekonomi global.

Rupiah dibuka menguat 25 poin atau 0,17 persen ke posisi Rp14.428 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.453 per dolar AS.

Pengamat pasar uang Ariston Tjendra saat dihubungi di Jakarta, Senin, mengatakan kekhawatiran pasar terhadap kenaikan kasus COVID-19 dan tapering telah menekan aset berisiko dan mendorong penguatan dolar AS terhadap nilai tukar mata uang lainnya pekan lalu.

Baca Juga: Harga HP Samsung S Series, Ada Galaxy S21 Ultra 5G, S20 Ultra, S9+ 128GB, S6 Edge+ Duos G9287 32GB

"Kekhawatiran tersebut kelihatannya masih ada pekan ini. Tapi di pembukaan pasar di awal pekan ini terlihat sentimen pasar lebih positif. Pasar kembali masuk ke aset berisiko memanfaatkan peluang buy on dip (beli saat harga turun)," ujar Ariston dikutip dari Antara.

Indeks saham Asia pagi ini bergerak positif pada pembukaan perdagangan.

Sementara nilai tukar regional juga terlihat menguat terhadap dolar AS.

Baca Juga: Tolak Gugurkan Kandungan, Wanita Hamil 9 Bulan Tewas Di Tangan Kekasihnya, Sudah Setahun Tinggal Bersama

"Meskipun kondisi ekonomi dibayangi COVID-19, tapi pasar juga terlihat masih optimis terhadap peluang pemulihan ekonomi ke depan. Ini mungkin bisa mendorong penguatan rupiah hari ini terhadap dolar AS," kata Ariston.

Halaman:

Editor: Nugroho


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x