KPR Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan Dorong Program Sejuta Rumah, Bantu Warga Dapatkan Hunian

- 29 Januari 2021, 19:44 WIB
Ilustrasi rumah layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).
Ilustrasi rumah layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). /Foto: Kementerian PUPR/

LAMONGAN TODAY - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memaparkan, fasilitas KPR Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) mampu mendorong program sejuta rumah sebab membantu masyarakat untuk memiliki rumah yang layak dan berkualitas.

"Kami harap pelaksanaan Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) tahun 2021 National Affordable Housing Program (NAHP) bisa membantu lebih banyak masyarakat yang ingin memiliki rumah yang layak huni sekaligus mendukung Program Sejuta Rumah di Indonesia," kata Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid, seperti dikutip Lamongan Today dari Antara, Jumat 29 Januari 2021.

Khalawi Abdul Hamid sebagai Ketua PMC NAHP menerangkan, mulai 2016 Kementerian PUPR sudah bekerjasama dengan Bank Dunia memprakarsai NAHP atau Program Nasional Perumahan Terjangkau.

Baca Juga: Kejari Simeulue Tahan Lima Tersangka Korupsi Proyek Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Senilai Rp10,7 Miliar

Menurut Dirjen Perumahan, program NAHP adalah usaha pemerintah dalam membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) supaya mempunyai rumah yang layak.

"Program tersebut juga penting untuk meningkatkan kualitas tempat tinggal masyarakat melalui pengembangan skema pembiayaan perumahan, memperluas akses bantuan perumahan, serta mendorong reformasi pengembangan program dan kebijakan perumahan yang layak dan terjangkau di Indonesia," paparnya.

Saat ini, persoalan perumahan dan permukiman menjadi kebutuhan pokok manusia yang diatur pada Pasal 28 (H) Undang-Undang Dasar 1945.

Baca Juga: Berkomitmen Ramah Lingkungan, Samsung Hapus Charger di Ponsel Galaxy S21

Akan tetapi, dukungan pemerintah daerah dan dunia usaha untuk memenuhi kebutuhan itu masih terbatas terlebih pada penyediaan akses masyarakat mengenai rumah layak huni dan murah.

Halaman:

Editor: Achmad Ronggo

Sumber: ANTARA


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x