Bantuan PIP Kemendikbud Diperpanjang, Begini Cara Mudah Cek Penerima Bantuan PIP Rp 1 Juta

- 12 Januari 2021, 22:21 WIB
Tangkap layar laman pip.kemdikbud.go.id untuk cek penerima bantuan PIP Kemendikbud Rp 1 juta bagi pelajar. / kemdikbud.go.id
Tangkap layar laman pip.kemdikbud.go.id untuk cek penerima bantuan PIP Kemendikbud Rp 1 juta bagi pelajar. / kemdikbud.go.id /
LAMONGAN TODAY - Dana dalam Program Indonesia Pintar (PIP) telah disalurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kepada para pelajar dan mahasiswa sejak setahun terakhir.
 
Pemerintah melalui Kemendikbud memberikan bantuan dana kepada anak usia sekolah hingga perguruan tinggi dalam upaya mencerdaskan bangsa.
 
Anda dapat mengecek penerima bantuan PIP secara online, yakni login melalui website pip.kemdikbud.go.id.
 
Jika Anda ingin mengecek daftar penerima bantuan PIP, silakan login pip.kemdikbud.go.id. Di situs tersebut, Anda dapat mengetahui apakah Anda merupakan penerima bantuan atau bukan.
 
Di situs pip.kemdikbud.go.id, tertera berbagai informasi mengenai bantuan PIP, termasuk daftar penerima bantuannya.
 
Pemerintah melalui Kemendikbud memberikan bantuan dana kepada anak usia sekolah hingga perguruan tinggi dalam upaya mencerdaskan bangsa.
 
Seperti diketahui, dana dalam PIP telah disalurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kepada para pelajar dan mahasiswa sejak setahun terakhir.
 
 
Melalui PIP ini, pemerintah bermaksud untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin /prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur formal sd sampai sma/smk dan jalur non formal paket A sampai paket C dan pendidikan khusus.
 
Dalam PIP ini pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya.
 
Dana bantuan PIP ini diberikan kepada pelajar dan mahasiswa baik di jenjang pendidikan formal maupun non formal.
 
Bantuan PIP disalurkan melalui program Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan dapat dicairkan dalam bentuk tunai. Terdapat tiga sasaran dan jumlah bantuan yang disesuaikan dengan tingkat sekolah siswa tersebut.
 
1. Siswa tingkat SD atau paket A akan mendapatkan bantuan Senilai Rp450.000/Tahunnya.
2. Siswa tingkat SMP atau paket B ini akan mendapatkan bantuan senilai Rp750.000/Tahunnya.
3. Siswa SMA, SMK, atau paket C mendapatkan bantuan senilai 1.000.000/Tahunnya.
Seperti diketahui bahwa PIP ini merupakan lanjutan dari program sebelumnya yaitu Program Bantuan Siswa Miskin (BSM), Program ini disalurkan melalui kartu Indonesia pintar KIP dengan secara tunai kepada para penerima manfaat.
 
Bantuan PIP Kemendikbud 2020 ini diberikan pada siswa yang berasal dari keluarga miskin dan rentan miskin yaitu yang memiliki Kartu Kesejahteraan Sosial (KKS), Program Keluarga Harapan (PKH), yatim piatu, disabilitas dan juga korban bencana alam.
 
Berikut beberapa langkah untuk mengecek penerima dana bantuan PIP:
1.Pertama, kamu perlu login ke laman pip.kemdikbud.go.id
2.Jika sudah bisa login, klik ‘cek penerima PIP’
3.Selanjutnya, kamu masukkan NISN Tanggal lahir dan Nama Ibu Kandung Siswa.
4.Setelah memasukkan data tersebut, kamu dapat klik 'Cek Data', dan muncul nama anak, nama sekolah, tempat tinggal, serta bank penyalur.***

Editor: Furqon Ramadhan

Sumber: Kemdikbud


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x